Senin, 04 Juni 2012

Tips dan Trik Rambut Sehat Meski Berjilbab

busana muslimMenggunakan jilbab adalah suatu kewajiban bagi perempuan muslim. Kini jilbab kian bervariasi baik dari corak warna serta bentuknya. Kita pun lebih leluasa memadupadakan jilbab dengan busana dan riasan kita.
Kendati demikian, para jilbabber harus tetap menjaga rambutnya agar tetap sehat dan indah. Keluhan yang biasa dilontarkan yakni rambut lepek lembab dan rontok. Untuk menghindari itu semua, berikut beberapa tips yang bisa ada contek agar rambut tetap sehat setiap saat bahkan saat ramadhan.

Pastikan rambut kering
Sebelum Anda mengenakan jilbab atau kerudung, pastikan rambut benar-benar  kering setelah keramas. Usahakan keramas 2 jam sebelum mengenakan jilbab ini dikarenakan agar rambut terhindar dari lembab dan lepek. Keringkan dengan hair dryer jika perlu.

Pilih bahan jilbab dengan benar

Pemilihan bahan kerudung atau jilbab, sangat menentukan kesehatan rambut. Pilihlah kerudung dari bahan ringan seperti katun karena dapat menyerap keringat dengan baik.
Selain itu, jika Anda beraktifitas diluar ruangan sebaiknya jangan menggunakan warna gelap atau hitam karena warna tersebut sangat mudah menyerap sinar matahari yang mengakibatkan suplai keringat berlebih.
Gunakan kerudung dengan benar
Untuk memudahkan rambut bernafas, sebaiknya jangan menggunakan jilbab berlapis kencang dan di lilit hingga leher. Ini dikarenakan agar asupan udara pada rambut cukup dan tidak terhambat karena jilbab yang terlalu kencang.
Hindari kuncir kencang
Bagi Anda memiliki rambut panjang, sebaiknya tidak mengikat rambut terlalu kencang, ini akan menyebabkan  kulit kepala tertarik, hingga menjadi pusing . Ikat sedang atau longar saja. Serta hindari daleman atau ciput yang terlalu kencang , selain membuat telinga Anda sakit juga rambut menjadi sulit bernafas.
Keramas dengan teratur
Keramaslah secar teratur dengan bahan alami minimal 2x sehari. Bisa juga menggunakan cem-ceman atau penyubur rambut sebelum tidur agar rambut tetap sehat dan terhindar dari kerontokan.

Lakukan perawatan rambut

Jika Anda memiliki waktu luang ada baiknya melakukan treatment rambut. Anda bisa datangi salon-salon kecantikan muslimah terdekat lakukan creambath, hair spa atau hair mask. Ini berfungsi agar rambut tetap sehat dan terjaga meski seharian mengenakan jilbab. Selamat mencoba!

1 komentar: