Berikut adalah beberapa tips untuk memilih pakaian muslim dari beberapa desainer:
  1. Menurut aturan Islam, busana bertujuan untuk melindungi pengguna, selain untuk menutupi. Itulah sebabnya mengapa kaum muslimin memilih pakaian yang longgar sehingga dapat menyamarkan siluet/bentuk tubuh.
  2. Pilih pakaian yang sesuai dengan ukuran dan tidak membahayakan saat bergerak. Pakaian yang ketat di samping mempersulit gerak juga membuat kulit sulit untuk bernapas. Busana muslimah yang terlalu besar juga berbahaya bagi penggunanya, karena dapat terinjak pada saat berjalan/berlari, kemungkinan besar mudah terkena najis ditanah/jalan dan dapat menyebabkan pengguna jatuh. Bisa juga terkait benda-benda yang lebih tajam hingga bahan-bahan berbahaya dan akan merugikan bagi pengguna.
  3. Pilih model dan warna yang sesuai aktivitas. Jika pengguna banyak beraktivitas, sebaiknya menggunakan bahan yang tidak menyerap keringat dan juga tidak mudah kusut, terdiri dari dua bagian, atas dan celana. Bagi pengguna yang berkegiatan yang tinggal di tempat, pengguna dapat menggunakan rok. Untuk berbagai kegiatan non-formal atau santai dapat dipilih warna-warna ceria seperti merah muda, biru muda, oranye, dan merah, Anda juga harus memiliki pakaian berwarna netral muslim dan formal, seperti biru tua, abu-abu, hitam, dan putih.
  4. Bila Anda membeli baju baru, cobalah untuk berkoordinasi dengan pakaian baru model dan warna pakaian yang sudah dimiliki. Hal ini dimaksudkan agar anda masih tetap dapat menggunakan pakaian lama dengan cara mix and match dengan pakaian baru anda.
  5. Pelajari berbagai kreatif  jilbab yang banyak diinformasikan media massa sehingga pengguna masih bisa mengikuti mode, tetapi tetap mengikuti aturan-aturan agama.
  6. Pilih pakaian yang dapat menyembunyikan kekurangan tubuh agar nyaman bersosialisasi. Anda juga sebaiknya menyamarkan berat badan dengan memilih bahan-bahan yang tampak terang. Butik pakaian muslim akan membantu Anda mendapatkan model keinginan Anda. Pemilihan warna juga dapat dilakukan untuk menutupi kekurangan. Misalnya, warna gelap cocok untuk orang-orang yang berukuran besar.
  7. Jika Anda ingin menghadiri acara festival, seharusnya tidak perlu bingung memilih pakaian. Pakaian santai yang dapat dimiliki terkesan mewah dengan cara memberikan materi tambahan yang tampak mewah. Sebagai contoh, kombinasi dari bahan katun dengan batik selendang Organdi, atau gaun sederhana dengan OBI gamis dari sutera atau bordir.
Dan ini tips memilih busana yang islami untuk ke pesta
Busana muslimah bukan hanya milik mereka yang ingin pergi ke pengajian atau ke masjid. Kini dengan perkembangan busana muslim, Anda juga bisa tampil bergaya dengan model produk busana muslim yang tetap sederhana namun mewah. Busana seperti apakah yang harus Anda kenakan untuk menghadiri pesta formal ?
Sebenarnya simple saja, busana muslimah yang simple pun bisa Anda kenakan untuk ke acara pesta yang formal. Namun dengan tambahan kreasi pastinya. Berikut tips nya :
  1. Jika Anda menghadiri acara pesta di siang hari, kenakan baju muslimah dengan warna terang, namun pilihlah bahan pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak mudah kusut. Sebaiknya, kenakanlah pakaian potongan bukan gamis. Dan untuk Anda yang tidak banyak aktivitas di sana, mengenakan rok panjang bisa menjadi pilihan, dan akan terlihat lebih anggun. Tempat jual busana muslim biasanya menyediakan aneka pilihan.
  2. Jika Anda menghadiri acara pesta sore hari yang santai, Anda dapat mengenakan padanan warna yang segar, seperti hijau muda atau biru muda. Dengan tambahan bordiran, payet atau tunik jepang, disertai dengan variasi warna bahan yang lebih muda. Anda bisa memakai selendang agar penampilan Anda tidak monoton, Anda pun akan lebih terlihat gaya namun tetap formal.
  3. Jika acara pesta berlangsung malam hari, produk busana muslim gaya glamour bisa menjadi pilihan Anda. Namun tidak perlu mengenakan yang bertabur kristal atau payet. Anda bisa menggunakan kaftan dengan embroidery emas atau perak. Alternatif lain, gunakan baju gamis bercorak floral dengan teknik lukisan atau tunik panjang bergaris kebaya yang dipadukan bersama kain.
  4. Jika ingin tampil muda, tidak ada salahnya Anda mengenakan batik. Saat ini sudah banyak kain batik yang dikemas dengan gaya kontemporer. Pilih saja yang bermodel Jackie-O atau bergaris babydoll dan dipadu dengan denim atau celana pipa. Kunjungilah fashion shop muslimah langganan Anda.
Terakhir, jika Anda ingin tampil lebih mewah, mengenakan stola atau pashmina bisa membantu. Atau selendang dari bahan organdi yang serasi. Carilah butik fashion ataupun butik pakaian yang menyediakan pakaian kebutuhan Anda.